ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) KOYA MINAHASA DI KECAMATAN TONDANO BARAT

SETIAWAN, HERKULANUS HERO and Ngangi, Charles and Polan, Thresia Sampe (2022) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) KOYA MINAHASA DI KECAMATAN TONDANO BARAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_HerkulanusSetiawan.pdf

Download (490kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_HerkulanusSetiawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sektor perkebunan Indonesia memiliki beberapa komoditas unggulan salah satunya adalah Kopi (Coffea sp.). Produksi dan tingkat konsumsi kopi di Provinsi Sulawesi Utara semakin meningkat setiap tahun sehingga kopi telah menjadi minuman favorit dan berkelas dikalangan konsumen sehingga membuat banyak Coffee Shop memfokuskan usaha pada minuman kopi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan kopi arabika koya Minahasa di Kecamatan Tondano Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pengambilan sampel Accidental Sampling. Penelitian ini menggunakan 30 orang responden terdiri dari 29 orang konsumen dan 1 orang barista kopi arabika koya Minahasa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP).
Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa konsumen dalam penelitian ini merasa tidak puas terhadap kualitas pelayanan kopi arabika koya Minahasa yaitu 63,33% atau sebanyak 19 orang, Aspek-aspek kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan kopi arabika koya Minahasa yang dinilai dominan tidak puas dan sangat tidak puas oleh konsumen yaitu perlengkapan dan peralatan Coffee Shop, ketersedian varian, aroma kopi, kelengkapan fasilitas pendukung, ketersedian informasi mengenai penanganan pasca panen dan informasi diskon kopi arabika koya Minahasa, sehingga dalam meningkatkan kualitas kopi arabika koya Minahasa khususnya di Esspecto Coffee yaitu dengan cara meningkatkan ketersedian varian kopi arabika koya Minahasa, meningkatkan kualitas dari aroma kopi arabika koya Minahasa, melengkapi peralatan dan fasilitas pendukung serta lebih banyak memberikan informasi tentang pengolahan kopi arabika koya Minahasa dan informasi diskon yang sedang berlansung kepada konsumen

Kata Kunci: Kopi Arabika Koya Minahasa, Kepuasan Konsumen, Analisis Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SETIAWAN, HERKULANUS HERONIM.17021004
Ngangi, CharlesUNSPECIFIED
Polan, Thresia SampeNIDN.0931086502
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 10 Feb 2023 01:46
Last Modified: 10 Feb 2023 01:46
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2715

Actions (login required)

View Item View Item