OPTIMASI RUTE ANGKUTAN KOTA UNTUK MEMINIMALKAN PEMAKAIAN BAHAN BAKAR MINYAK (BBM)

Pansiang, Isak and Rachmadi, Ronald Albert and Mahardini, Karunia Agung (2015) OPTIMASI RUTE ANGKUTAN KOTA UNTUK MEMINIMALKAN PEMAKAIAN BAHAN BAKAR MINYAK (BBM). Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.

[img]
Preview
Text
ISAK PANSIANG.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] PDF
BAB I PENDALUHUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[img] PDF
BAB IV PENGELO;AHAN DATA DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Isu kenaikan harga BBM merupakan masalah yang berdampak besar pada transportasi publik seperti angkutan kota atau yang lebih dikenal dengan sebutan angkot. Dampak secara ekonomis jika harga BBM naik tentunya akan menambah biaya operasional, tuntutan kenaikan gaji bagi supir angkot sehingga akan menyebabkan kenaikan tarif angkutan kota. Sedangkan dampak sosialnya adalah masyarakat mulai beralih ke kendaraan pribadi atau mengurangi penggunaan angkot.
Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan merancang sistem transportasi yang hemat BBM sekaligus mampu mengurangi kemacetan lalu lintas. Untuk membantu merancang transportasi yang hemat BBM tersebut maka penulis menggunakan metode optimasi heursitik dikombinasikan dengan metode terapan atau benchmarking terhadap transportasi jarak pendek di Jerman yang dikenal dengan Nahverkehrsverbund. Dalam penelitian ini, penulis melakukan studi kasus pada angkot jurusan Malalayang menuju Jumbo Supermarket. Langkah-Langkah yang dilakukan adalah membuat pemodelan secara matematis, membuat beberapa alternatif solusi dengan membagi rute tersebut ke dalam beberapa rute pendek kemudian melakukan pengolahan data dan menganalisa menggunakan Excel
Solver.

Hasil pengolahan data dan analisa menunjukkan bahwa metode heuristik yang dikombinasikan dengan metode terapan dari transportasi Jerman tersebut dapat diterapkan untuk merancang sistem transportasi angkutan kota yang hemat BBM. Hasil tersebut dibuktikan dengan terpilihnya alternatif solusi ke 3 dengan persentase penghematan BBM sebesar 74.67 %.

Kata Kunci : Optimasi, Angkutan Kota, Pembagian Rute, Hemat BBM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Pansiang, IsakNIM.10012001
Rachmadi, Ronald AlbertNIDN.0918127201
Mahardini, Karunia AgungUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 15 May 2018 08:02
Last Modified: 24 Jan 2020 03:09
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/26

Actions (login required)

View Item View Item