KAMO, DAUD and Sobon, Kosmas and Mangundap, Jelvi Monica (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD KATOLIK 03 SANTO YOHANES MAPANGET BARAT, KOTA MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.
PDF
COVER-DAFTAR_ISI_DaudKamo.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_DaudKamo.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Time Token pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Katolik 03 St. Yohanes Mapanget Barat, Kota Manado. Dan untuk mengetahui Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Time Token pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Katolik 03 St. Yohanes Mapanget Barat, Kota Manado. Subjek penelitian ini adalah murid kelas IV SD Katolik 03 Santo Yohanes Mapanget Barat pada tahun pelajaran 2022 sebanyak 18 siswa. Pengambilan data diambil dengan mengunakan tes hasil belajar dan observasi. Instrument penelitian ini dibuat oleh penulis bekerja sama dengan guru kelas IV SD Katolik 03 St. Yohanes Mapanget Barat. Data yang terkumpul di analisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif dengan mengunakan bantuan SPSS 23. Hasil yang dicapai setelah menerapkan model pembelajaran Time Token yaitu: (1) Motivasi belajar yang diperoleh siklus I dengan nilai rata – rata sebesar 76,1 nilai rata – rata tersebut berada pada nilai Interval 70 – 79 yang termasuk kategori cukup. Dan motivasi belajar yang diperoleh siklus II dengan nilai rata – rata sebesar 99,2 nilai rata – rata tersebut berada pada nilai Interval 90 – 100 yang termasuk kategori sangat baik. (2) Hasil belajar yang diperoleh siklus I dengan nilai rata – rata sebesar 73,6 nilai rata – rata tersebut berada pada nilai Interval 70 – 79 yang termasuk kategori cukup. Dan hasil belajar yang diperoleh siklus II dengan nilai rata – rata sebesar 98,6 nilai rata – rata tersebut berada pada nilai Interval 90 – 100 yang termasuk kategori sangat baik. (3) Terjadi peningkatan motivasi belajar, dan hasil belajar Bahasa Indonesia murid kelas IV SD Katolik 03 St. Yohanes Mapanget Barat. Berdasarkan analisis di atas maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar murid kelas IV SD Katolik 03 St. Yohanes Mapanget Barat meningkat setelah proses belajar mengajar dengan menerapkan model pembelajaran Time Token.
Kata Kunci: Time Token, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||
Depositing User: | Mr Victor Edwin Ohoiwutun | ||||||||
Date Deposited: | 01 Nov 2022 02:04 | ||||||||
Last Modified: | 01 Nov 2022 02:04 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2597 |
Actions (login required)
View Item |