APLIKASI VISUAL PENGENALAN LINGKUNGAN KAMPUS UKDLSM BERBASIS VR

Pattiselanno, Richard Clift and Paseru, Debby and Suwanto, Thomas Christian (2021) APLIKASI VISUAL PENGENALAN LINGKUNGAN KAMPUS UKDLSM BERBASIS VR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_RichardPattiselanno.pdf

Download (673kB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_RichardPattiselanno.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Setiap tahunnya, UKDLSM selalu mengadakan penerimaan mahasiswa baru. Mahasiswa baru pastinya ingin mengenal lingkungan kampus yang dipilihnya secara lebih baik, seperti letak gedung – gedung yang ada di kampus, ruang fakultas, ruang kelas, ruang perpustakaan, dan ruangan lainnya beserta fungsi dari ruangan itu ataupun koordinator atau staf yang ada di dalam ruangan-ruangan tersebut. Selain itu, UKDLSM selalu mengadakan berbagai seminar dan juga kegiatan – kegiatan lainnya yang pasti mengundang pengunjung dari masyarakat umum. Pengunjung yang baru pertama kali ke UKDLSM pastinya ingin mengenal lingkungan kampus terlebih dahulu.
Namun, tidak adanya peta ruangan di sekitar kampus dan kurangnya informasi mengenai hal tersebut membuat mahasiswa baru ataupun pengunjung kesulitan dalam mencari ruangan – ruangan di kampus beserta dengan staf yang terlibat di dalamnya. Selain itu, pengenalan kampus selama ini telah dilakukan melalui sosial media. Namun, pengenalan kampus melalui sosial media tersebut masih terdapat beberapa kekurangan di mana hanya menunjukkan bagian dari gedung utama secara umum atau tidak terlalu mendetail padahal UKDLSM memiliki beberapa gedung lainnya. Kelemahan lainnya, yaitu tidak ada informasi mengenai nama ruangan, staf, koordinator dan fungsi dari ruangan itu.
Tugas Akhir ini memberikan solusi dalam mengimplementasikan aplikasi dengan teknologi virtual reality yang dapat membantu dalam pengenalan lingkungan kampus secara real. Untuk menganalisis penerimaan aplikasi ini akan digunakan model TAM (Technology Acceptance Model), yaitu untuk mengetahui sikap penerimaan pengguna terhadap suatu teknologi. Hal ini perlu dilakukan supaya dapat mengetahui sikap penerimaan pengguna terhadap suatu teknologi. Untuk mengetahui bagaimana sikap penerimaannya, misalnya dengan menganalisis penerimaan aplikasi dilihat dari persepsi kemudahan penggunaan dan kebermanfaatan. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi ini, yaitu Hypertext Preprocessor (PHP) dan menggunakan UML sebagai kakas pemodelannya.
Setelah penelitian dan aplikasi ini selesai dibuat, aplikasi ini kemudian diujikan kepada beberapa mahasiswa baru. Hasil pengujiannya ternyata mendapat respon positif di mana pengguna tersebut merasa terbantu dengan aplikasi ini karena dapat memberikan informasi yang dibutuhkan dalam mengenal lingkungan kampus ini. Selain itu, tampilan visual dari virtual reality sangat jelas sehingga membuat pengguna dapat mengenal dengan baik tampilan visual dari ruangan – ruangan yang ada.

Kata Kunci: Virtual Reality, Technology Acceptance Model, UKDLSM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Pattiselanno, Richard CliftNIM.17013056
Paseru, DebbyNIDN.0930097303
Suwanto, Thomas ChristianNIDN.0921128101
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 28 Oct 2022 05:51
Last Modified: 28 Oct 2022 05:51
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2582

Actions (login required)

View Item View Item