POPUTRA, YOSHUA DAVID and Raton, Yulius Christian and Rumambi, Ramon Charles (2022) ANALISIS PENGARUH KONDISI PERMUKAAN JALAN TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN DENGAN METODE PCI PADA RUAS JALAN KAIRAGI-MAPANGET. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.
PDF
Tugas Akhir Yoshua Poputra.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Perkerasan jalan berfungsi memberikan pelayanan bagi pengguna jalan. Namun, tidak semua jalan memiliki kondisi yang baik termasuk ruas jalan Kairagi - Mapanget yang juga terdapat kerusakan pada titik tertentu yang berpengaruh pada
tingkat kenyamanan dan keamanan pengguna jalan. Kerusakan jalan dapat dikarenakan beberapa faktor seperti kelebihan kapasitas muatan kendaraan berat, meningkatnya volume kendaraan, proses pemadatan diatas lapis tanah dasar kurang baik serta aliran ataupun genangan air di permukaan jalan. Penelitian ini dilakukan buat mengetahui pengaruh nilai kondisi perkerasan jalan dengan menggunakan metode Pavement Condition Index terhadap kecepatan kendaraan dengan menggunakan metode Spot Speed. Setelah mendapatkan nilai
PCI, kemudian dipilih beberapa segmen yang memiliki nilai PCI terendah dan nilai PCI tertinggi akan dilakukan survei kecepatan berdasarkan metode Spot Speed untuk mengetahui apakah kondisi perkerasan dari segmen-segmen tersebut berpengaruh terhadap kecepatan kendaraan atau tidak.
Berdasarkan hasil penelitian dengan metode Pavement Condition Index (PCI) pada Ruas Jalan Kairagi – Mapanget, Manado, Sulawesi Utara dengan panjang jalan 7,65 km dan lebar 7 m yang terdiri dari 153 segmen dengan panjang satu segmen 50 m, diketahui jenis dan presentase kerusakan yaitu : Retak Kulit Buaya 0,38%, Kegemukan 0,01%, Tonjol dan Lengkungan 0,47%, Bergelombang 0,03%, Amblas 0,25%, Retak Pinggir 0,92%, Retak Memanjang 0,63%, Tambalan 3,12%, Pengausan Agregat 86,44%, Lubang 0,36%, Alur 3,31%, Sungkur 1,94%, Retak Slip 0,03%, Mengembang 0,06%, Pelepasan Butir 2,05%, dengan nilai PCI rata-rata adalah 89,63% dan termasuk klasifikasi Sempurna (Excellent) dan nilai kecepatan tempuh rata-rata kendaraan yang diperoleh pada segmen yang memiliki
nilai PCI tertinggi yaitu STA 2+100 – 2+150, 2+150 – 2+200, 4+800 – 4+850, 4+850 – 4+900 masing-masing 63,21 km/jam, 63,87 km/jam, 54,32 km/jam, 54,23 km/jam, sedangkan nilai PCI terendah yaitu STA 0+850 – 0+900, 3+500 – 3+550,
3+550 – 3+600, 5+500 – 5+550 masing-masing 53,73 km/jam, 42,85 km/jam, 37,53 km/jam dan 48,90 km/jam.
Kata Kunci : Pavement Condition Index, Spot Speed
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | Teknik Sipil UNIKA De La Salle Manado > Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
||||||||
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > Teknik Sipil Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
||||||||
Depositing User: | Mr Victor Edwin Ohoiwutun | ||||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2022 04:26 | ||||||||
Last Modified: | 08 Sep 2022 04:26 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/2452 |
Actions (login required)
View Item |