HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD KATOLIK 16 SANTO CORNELIUS MANADO

SONDAKH, SONIA SERGI and Rumampuk, M. Vonny H. and Ismanto, A. Yuni (2015) HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD KATOLIK 16 SANTO CORNELIUS MANADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.

[img] Text
perpusdlsu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bantuan yang diberikan orang tua pada anak yang terdiri dari informasi atau nasehat yang dapat berbentuk verbal atau nonverbal yang menyebabkan efek tindakan yang menguntungkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan orang tua dengan motivasi belajar pada anak usia sekolah di SD Katolik 16 Santo Cornelius Manado. Metode penelitian deskriptif korelatif dengan rancangan cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling, dengan sampel 40 responden. Teknik analisa data dengan menggunakan uji chi square dengan tingkat kemaknaan α = 0,05. Hasil penelitian dukungan orang tua pada anak usia sekolah di SD Katolik 16 Santo Cornelius Manado kategori baik. Motivasi belajar pada anak usia sekolah di SD Katolik 16 Santo Cornelius Manado kategori baik. Ada hubungan dukungan orang tua dengan motivasi belajar pada anak usia sekolah di SD Katolik 16 Santo Cornelius Manado dengan uji chi square didapatkan nilai p = 0,000 < α = 0,05. Dari simpulan ada hubungan yang antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar pada anak usia sekolah di SD Katolik 16 Santo Cornelius Manado.

Kata Kunci : motivasi belajar, dukungan orang tua
Kepustakaan : 12 buku (2003-2014), 17 internet file (2002-2014)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SONDAKH, SONIA SERGINIM.11061047
Rumampuk, M. Vonny H.UNSPECIFIED
Ismanto, A. YuniUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 07 Aug 2018 04:49
Last Modified: 27 Jan 2020 01:06
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/204

Actions (login required)

View Item View Item