PENGARUH PERSEPSI NASABAH ATAS RISIKO, KEPERCAYAAN, MANFAAT, DAN KEMUDAHAN TERHADAP PENGGUNAAN E-BANKING DI KOTA MANADO

KARUNDENG, DWISANTI MARSELA TRISHA and Sepang, Steify M. E. W. and Porajaw, Mc Donald F. S. (2019) PENGARUH PERSEPSI NASABAH ATAS RISIKO, KEPERCAYAAN, MANFAAT, DAN KEMUDAHAN TERHADAP PENGGUNAAN E-BANKING DI KOTA MANADO. Skripsi thesis, Universitas De La Salle Manado.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_Gabriels_Sumampouw.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)
[img] PDF
Bab_isi-Lampiran_Gabriela_Sumampouw.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Electronic banking (E-Banking) merupakan bukti perkembangan teknologi pada industri perbankan dan fasilitas ini mendapatkan respon baik dari nasabah. Dimana e-banking merupakan fasilitas layanan yang disediakan oleh bank dengan tujuan untuk mempermudah nasabah dalam melakukan suatu transaksi. Fasilitas ini terdiri dari ATM, internet banking, mobile banking, SMS banking, phone banking, EDC dan video banking.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Nasabah atas Risiko, Kepercayaan, Manfaat dan Kemudahan Terhadap Penggunaan E-Banking di Kota Manado.
Populasi penelitian adalah nasabah pengguna electronic banking di Kota Manado, dengan sampel penelitian sebanyak 80 responden. Peneliti memperoleh data secara primer melalui angket. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Dilakukan pengujian angket secara validitas dan reliabilitas. Beberapa uji asumsi klasik yang peneliti gunakan adalah uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji multikolinieritas, dan uji linearitas. Serta Analisis Regresi Linear Berganda sebagai analisis data dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persepsi Risiko berpengaruh tidak signifikan terhadap penggunaan e-banking, hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji regresi linear berganda sebesar 0,035 dan hasil uji t yang menyatakan nilai sig sebesar 0,848 dimana lebih besar dari 0,05 dan t hitung 0,193 < t tabel 1,992. (2) Persepsi Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-banking, hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji regresi linear berganda sebesar 0,313 dan hasil uji t yang menyatakan nilai sig sebesar 0,036 dimana lebih kecil dari 0,05 dan t hitung 2,140 > t tabel 1,992. (3) Persepsi Manfaat berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-banking, hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji regresi linear berganda sebesar 0,173 dan hasil uji t yang menyatakan nilai sig sebesar 0,040 dimana lebih kecil dari 0,05 dan t hitung 2,094 > t tabel 1,992. (4) Persepsi Kemudahan berpengaruh tidak signifikan terhadap penggunaan e-banking, hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji regresi linear berganda sebesar 0,241 dan hasil uji t yang menyatakan nilai sig sebesar 0,149 dimana lebih besar dari 0,05 dan t hitung 1,457 < t tabel 1,992. Melalui uji f (simultan), menunjukkan bahwa Persepsi Risiko, Kepercayaan, Manfaat dan Kemudahan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-banking, dibuktikan dengan hasil F hitung 11,465 > F tabel 2,49.
Kata Kunci : Persepsi Risiko, Kepercayaan, Manfaat, Kemudahan, dan Penggunaan E-Banking.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
KARUNDENG, DWISANTI MARSELA TRISHANIM.15041051
Sepang, Steify M. E. W.NIDN.0921087503
Porajaw, Mc Donald F. S.NIDN.0926107701
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 18 Nov 2020 07:32
Last Modified: 19 Nov 2020 07:29
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/1696

Actions (login required)

View Item View Item