PERANCANGAN PROTOTYPE SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF PEMASARAN (STUDI KASUS PT. MASSINDO SINAR PRATAMA MANADO)

SOMPOTAN, IRENE MEYLIN and Yudoko, Gatot and Pardanus, Youry (2004) PERANCANGAN PROTOTYPE SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF PEMASARAN (STUDI KASUS PT. MASSINDO SINAR PRATAMA MANADO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.

[img] PDF
FULL_SKRIPSI_IreneSompotan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan penulis di PT. Massindoo Sinar Pratama Manado, yang bergerak di bidang manufaktur dan perabotan menunjukkan bahwa sistem yang sedang berjalan pada perusahaan saat ini belum mampu memenuhi kebutuhan eksekutif yang menginginkan informasi pemasaran yang lebih spesifik baik informasi internal maupun informasi eksternal (informasi pesaing dan pangsa pasar) karena informasi yang disediakan saat ini masih bersifat rinci dan kompleks. Permasalahan yang dirumuskan dalam penulisan ini adalah “bagaimana rancangan sistem informasi eksekutif yang dapat mendukung pihak eksekutif
dalam pengambilan keputusan khususnya di bidang pemasaran di PT. Massindo Sinar Pratama Manado?”.
Model pengembangan sistem yang digunakan adalah model SDLC
(System Development Life Cycle) yang dipadukan dengan model Prototypingpada tahap analisa dan disain. Metode pendekatan yang digunakan untuk mengetahui kebutuhan dari sistem adalah metode pendekatan top-down. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Prototype program ini dibuat dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dan
Dynamic Cube, sedangkan untuk databasenya menggunakan Microsoft Access 2000.
Prototype sistem informasi eksekutif yang dirancang ini dapat menjadi alat bantu untuk menjawab permasalahan kebutuhan informasi yang dihadapi oleh pihak eksekutif perusahaan khususnya dalam menganalisa dan mengevaluasi informasi yang ada dengan menggunakan tabel dan grafik serta fasilitas drill down
dan exception report, sehingga dapat membantu pihak eksekutif untuk memusatkan perhatian pada hal-hal penting yang bisa mendukung pengambilan keputusan
Pengujian prototype sistem informasi eksekutif yang dilakukan adalah pengujian unit, integrasi, sitem dan GUI (Graphical User Interface). Hasil dari pengujian prototype sistem adalah cukup baik dimana prototype sistem ini memiliki tampilan yang sudah memenuhi GUI (Graphical User Interface), memiliki validasi yang cukup baik, dibangun dengan logika yang baik dan berkesesuaian dengan fungsi. Interaksi antara satu form dengan form yang lain
baik dan dari hasil pengoperasian keseluruhan, sistem ini dapat berfungsi sesuai dengan yang diinginkan.
Perancangan prototype sistem informasi eksekutif pemasaran ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan menggunakan analisa SWOT (StrengthsWeaknesses-Opportunities-Threats) agar dapat diketahui dengan jelas apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan
dari perusahaan.

Kata Kunci :Sistem Informasi Eksekutif, Pemasaran, SDLC, Prototyping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SOMPOTAN, IRENE MEYLINNIM.00013016
Yudoko, GatotUNSPECIFIED
Pardanus, YouryUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 17 Nov 2020 05:09
Last Modified: 17 Nov 2020 05:09
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/1681

Actions (login required)

View Item View Item