HONGO, CONNY THERESIA and Yudoko, Gatot and Padang, Rubby A. (2004) PERANCANGAN PROTOTYPE SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) (STUDI KASUS CV. MULTI SOLUSI INFORMATIKA MANADO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.
PDF
full_skripsi_ConnyHongo.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
CV. Multi Solusi Informatika merupakan perusahaan yang bergerak di bagian Information Technology (IT), di mana dalam melakukan aktifitas perusahaan ini berproduksi dalam bidang jasa misalnya training office dan education, dalam penjualan komputer maupun software. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju dilihat dari kondisi sekarang ini, banyak persaingan yang muncul dalam dunia bisnis khususnya dalam bidang IT, di mana perusahaanperusahaan tersebut berusaha agar bisnisnya tidak kalah dengan perusahaan lain dan bisa menjaga pelanggannya. IT
Education dan IT Solution ini memiliki visi dalam meningkatkan jumlah customer dan mempertahankan loyalitas customer (customer yang ada). Namun dalam menjalankan usahanya ini, CV. Multi Solusi Informatika mempunyai beberapa kendala di mana perusahaan ini belum memiliki sistem dalam menganalisa strategi pelayanan terhadap customer. Saat ini data-data customer yang ada tidak terintegrasi dengan baik sehingga sulit memonitor
keinginan dan kebiasaan dari customer. Salah satu cara yang dilakukan dalam memecahkan masalah tersebut yaitu membuat prototype sistem informasi Customer Relationship Management
(CRM), di mana dengan adanya sistem ini bisa membantu CV. Multi Solusi Informatika untuk dapat menganalisa terlebih dahulu mengenai customer-nya sebelum meningkatkan pelayanan terhadap customer.
Model pengembangan sistem yang dilakukan dalam penelitian tugas akhir ini adalah System Development Life Cycle (SDLC) dengan menggabungkan prototyping di dalam SDLC, serta menggunakan pendekatan terstruktur di mana pendekatan ini menggunakan alat/teknik yang memadai meliputi: Block Chart, Data Flow Diagram (DFD), Entitiy Relationship Diagram (ERD), dengan
pendekatan terstruktur permasalahan yang kompleks dipecah menjadi modulmodul terstruktur dan terarah, fleksibel,
tepat waktu, sesuai rencana dan biaya, dan melibatkan
pemakai sistem.
Melalui metode pendekatan tersebut maka software yang digunakan
dalam pengembangan prototype sistem informasi CRM yaitu Visual Basic. NET 2003 dan Structure Query Language (SQL) Server 2000 sebagai database.
Pada pengembangan sistem penulis menggunakan model SDLC dengan
menggabungkan prototyping, di mana sistem yang dibuat dapat langsung diperiksa oleh user (dalam hal ini CV. Multi Solusi Informatika) untuk menentukan apakah sudah jadi atau belum. Jika belum sesuai dengan yang diinginkan, maka prototype dapat direvisi sampai sesuai dengan yang diinginkan sehingga, hasil akhirnya berupa prototype system. Sistem ini dapat dikembangkan lagi ke arah implementasi. Sehingga prototype sistem CRM ini dapat membantu CV. Multi Solusi Informatika memperbaiki kinerja proses untuk dapat menganalisa terlebih dahulu mengenai customer-nya sebelum meningkatkan pelayanan terhadap customer.
Kata Kunci: Customer Relationship Management (CRM), SDLC, Prototyping,
DFD, ERD, Visual Basic. NET, SQL Server 2000
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika | ||||||||
Depositing User: | Mr Victor Edwin Ohoiwutun | ||||||||
Date Deposited: | 13 Nov 2020 06:44 | ||||||||
Last Modified: | 13 Nov 2020 06:44 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/1661 |
Actions (login required)
View Item |