KAWUWUNG, ELVIA MARSIA and Wetik, Syenshie and Kerangan, Johanis (2020) PENGARUH EDUKASI PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN ANAK USIA SEKOLAH (8-9 TAHUN) TENTANG PERILAKU BULLYING DI DESA LALOW KECAMATAN LOLAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.
PDF
COVER-DADFTAR_ISI_ElviaKawuwung.pdf Download (2MB) |
|
PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_ElviaKawuwung.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Latar Belakang : Perilaku bullying dianggap sebagai suatu kebiasaan yang dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat terlebih khusus anak usia sekolah sehingga dapat menimbulkan dampak yaitu ketakutan, kecemasan, harga diri rendah bahkan sampai bunuh diri. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan tentang perilaku bullying itu sendiri yang dapat berdampak pada korban dan pelaku.
Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh edukasi permainan ular tangga terhadap peningkatan pengetahuan anak usia sekolah 8-9 tahun tentang perilaku bullying.
Metode : Penelitian Kuantitatif dengan desain Pre ekperimental One – Group Pretest-Posttest Design. Teknik Pengambilan sampel yaitu total sampling n = 31 responden. Uji statistik non parametik yaitu uji Wilcoxon.
Hasil Penelitian : Adanya pengaruh edukasi permainan ular tangga terhadap peningkatan pengetahuan anak usia sekolah (8-9 tahun) tentang perilaku bullying dengan nilai p value 0.000, yang menunjukan nilai ini lebih kecil dari nilai signifikansi α ≥ 0.05.
Kesimpulan : Terdapat pengaruh edukasi permainan ular tangga terhadap peningkatan pengetahuan anak usia sekolah (8-9 tahun) tentang perilaku bullying di Desa Lalow Kecamatan Lolak.
Kata kunci : Perilaku Bullying, Pendidikan Kesehatan, Permainan Ular Tangga.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing | ||||||||
Divisions: | Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan | ||||||||
Depositing User: | Mr Victor Edwin Ohoiwutun | ||||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2020 04:57 | ||||||||
Last Modified: | 12 Oct 2020 03:38 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/1522 |
Actions (login required)
View Item |