PERANAN BADAN MEDIASI ASURANSI INDONESIA (BMAI) DALAM PENYELESAIAN SENGKETA ASURANSI

Poluan, Cindy Lusiana and MANGUNDAP, Annita Treesye Saphela Fransica and Lumowa, Valentino (2020) PERANAN BADAN MEDIASI ASURANSI INDONESIA (BMAI) DALAM PENYELESAIAN SENGKETA ASURANSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.

[img] PDF
COVER, ABSTRAK, DLL.pdf

Download (479kB)
[img] PDF
BAB I,II,III,IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)

Abstract

Berbagai cara dilakukan oleh masyarakat untuk menjadi konsumen atau nasabah asuransi. Dalam Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang No. 2 tahun 1992 tentang usaha perasuransian menegaskan mengenai kepastian hukum kepada pihak pemegang polis, juga dalam Pasal 23 Peraturan Pemerintah No. 73 Tahun 1992 tentang Penyelenggaraan Usaha Perasuransian menegaskan mengenai larangan terhadap tindakan yang dapat menghambat dan tindakan yang dapat memperlambat penyelesaian atau pembayaran klaim pihak penanggung terhadap pihak tertanggung. Tetapi dalam pelaksanaanya tidak selalu berjalan dengan mulus karena banyak sekali muncul sengketa atau permasalahan antara konsumen dan
perusahaan asuransi. Agar para pihak yang bersengketa bisa menyelesaikan sengketa dengan murah dan tidak memakan waktu yang lama maka berdirilah Badan Mediasi Asuransi Indonesia (BMAI), karena adanya Badan Mediasi Asuransi Indonesia (BMAI) ini sehingga membuat penulis merasa tertarik mengangkat menjadi judul skripsi, yang tujuannya untuk mengetahui bagaimana
peranan dari lembaga penyelesaian sengketa asuransi oleh Badan Mediasi Asuransi Indonesia (BMAI) dan untuk mengetahui dan memahami bagaimana Badan Mediasi Asuransi Indonesia (BMAI) memberikan perlindungan serta penagakkan hak-hak tertanggung atau polis dalam penyelesaian sengketa asuransi.
Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif, dengan melakukan pendekatan perundang-undangan (statute approach), yang sumber-sumber penelitian hukum meliputi bahan hukum primer dan sekunder. Peranan Badan Mediasi Asuransi Indonesia (BMAI) dalam menyelesaikan sengketa pada intinya
menggunakan jasa dari mediator (case manager) yang bertugas sebagai penengah yang melalui proses penyelesaiannya mengupayakan agar kedua pihak dapat mencapai kata sepakat. Badan Mediasi Asuransi Indonesia (BMAI) juga memberikan playanan yang lebih efektif, professional, dan transparan yang
merujuk pada kepuasan dan perlindungan serta penegakkan hak-hak dari para konsumen atau nasabah asuransi.

Kata Kunci: Asuransi, Sengketa, Badan Mediasi Asuransi Indonesia (BMAI)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Poluan, Cindy LusianaNIM.10051021
MANGUNDAP, Annita Treesye Saphela FransicaNIDN.0902047801
Lumowa, ValentinoNIDN.0907107601
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 17 Sep 2020 06:32
Last Modified: 17 Sep 2020 06:32
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/1502

Actions (login required)

View Item View Item