STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA BERBASIS BUDAYA DI KELURAHAN RURUKAN DAN RURUKAN SATU

PALIT, PAULA MARIA THERESA and Indriyanto, Machiko Nugraha and Kawatak, Steven Yones (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA BERBASIS BUDAYA DI KELURAHAN RURUKAN DAN RURUKAN SATU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.

[img] PDF
COVER-DAFTAR_ISI_PaulaPalit.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_ISI-LAMPIRAN_PaulaPalit.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pariwisata budaya adalah bagian penting dalam suatu aktivitas wisata yang memperkenalkan produk-produk bersejarah dan menarik sehingga memberi dampak bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja potensi-potensi budaya yang ada di Kelurahan Rurukan dan Rurukan Satu serta strategi pengembangan yang akan diterapkan di dua kelurahan ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk menganalisis data-data yang ada diobjek penelitian.Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi langsung di objek penelitian,sedangkan data sekunder sebagai data pendukung yang diperoleh dari berbagai sumber, seperti buku, dokumen maupun media.Adapunsampel menggunakan teknik purposive sampling yang merupakan pengambilan data sesuai dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti.Data dianalisis menggunakan analisis SWOT yaitu Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang), dan Treath (ancaman).Dan hasil dari penelitian yang diperoleh dapat dilihat bahwa Kelurahan Rurukan dan Rurukan Satu memiliki beragam potensi seperti wisata alam, potensi budaya (kesenian dan tari-tarian), aktivitas wisata dan kebiasaan-kebiasaan masyarakat.Strategi pengembanganSO yaitu memanfaatkan beragam potensi budaya seperti produk-produk wisata untuk menarik minat kunjungan wisatawan, selanjutnya ST yaitumelestarikan potensi budaya, lingkungan dan kekayaan alam agrowisata untuk mencegah munculnya kerusakan alam dari tangan-tangan tidak bertanggung jawab, kemudian WO yaitu mengadakan kerja sama dengan agen paket wisata sehingga memberi dampak baik untuk kunjungan dari wisatawan dan meningkatkan pendapatan, dan terakhir WT yaitumengadahkan sosialisasi dan pelatihan khusus tentang adat budaya serta menyusun jadwal latihan sanggar budaya bagi generasi mudah.

Kata kunci: pariwisata, budaya, strategi pengembangan, SWOT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
PALIT, PAULA MARIA THERESANIM.16071016
Indriyanto, Machiko NugrahaNIDN.0924039102
Kawatak, Steven YonesNIDN.0929078001
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata > Hospitality dan Pariwisata
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:06
Last Modified: 10 Aug 2020 07:06
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/1443

Actions (login required)

View Item View Item