Sumampow, Escobar and Munir, Rinaldi and Suwanto, Thomas Christian (2016) APLIKASI WEB GAMIFIKASI MATA KULIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.
PDF
COVER-DAFTAR ISI.pdf Download (477kB) |
|
PDF
BAB ISI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Seiring dengan berkembangnya teknologi maka pengajar melakukan beberapa cara untuk membuat mahasiswa lebih terlibat dalam mata kuliah dengan menggunakan teknologi dan metode pendekatan yang ada. Salah satu cara untuk membuat agar mahasiswa lebih terlibat dan lebih aktif dalam mata kuliah yaitu menggunakan suatu metode dan pemanfaatan teknologi seperti gamifikasi.
Konsep gamifikasi adalah penerapan beberapa elemen game ke dalam lingkungan yang tidak berkonteks game. Penerapan gamifikasi pada perkuliahan diharapkan menjadi solusi untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam mata kuliah yang diikutinya.
Pembuatan aplikasi gamifikasi ini dirancang menggunakan bahasa pemrograman web PHP, HTML5, dan JavaScript, kakas pemodelan UML dengan basis data MySQL versi 5.5.0.
Aplikasi berhasil dibangun dan dilakukan pengujian. Pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa aplikasi ini berfungsi sesuai dengan kebutuhan, konsep gamifikasi telah dipenuhi dan diterapkan, dan dapat digunakan untuk suatu peningkatan keterlibatan mahasiswa dalam suatu mata kuliah.
Kata kunci : gamifikasi, mata kuliah
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika | ||||||||
Depositing User: | Mr Victor Edwin Ohoiwutun | ||||||||
Date Deposited: | 04 May 2020 09:14 | ||||||||
Last Modified: | 04 May 2020 09:14 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/1348 |
Actions (login required)
View Item |