EFEKTIVITAS BERMAIN PERAN PADA PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH

Yauri, Indriani (2018) EFEKTIVITAS BERMAIN PERAN PADA PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH. JUIPERDO ; Jurnal Ilmiah Keperawatan Manado, 6 (1). pp. 1-6. ISSN 22524843

[img] PDF
Journal 1-JUIPERDO.pdf

Download (816kB)
[img] PDF
Similrity.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
peer review.pdf

Download (120kB)
[img] PDF
Art. Efektifitas Bermain_turnitin check_6okt20.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang : Perkembangan sosial merupakan salah satu proses belajar untuk menyesuaikan diri terhadap norma-norma kelompok, moral, dan tradisi, meleburkan diri menjadi satu kesatuan dan saling berkomunikasi dan bekerja sama. Seorang balita yang mengalami keterlambatan perkembangan personal sosial dapat menimbulkan akibat yang kurang menguntungkan pada konsep diri anak sehingga timbul masalah pada perilaku dan emosinya. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa bermain peran dapat meningkatkan perkembangan sosial anak usia prasekolah. Tujuan: Untuk mengevaluasi efek dari bermain peran terhadap perkembangan sosial pada anak usia prasekolah di TK. Karya Sama Membangun Desa Matanga. Metode : Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperiment dengan jenis rancangan control time design group pre-test and post-test dengan
30 orang responden. Sebelumnya, penelitian ini dilakukan pengambilan data awal (pre-test) untuk mengetahui tingkat perkembangan sosial anak. Selanjutnya setelah diberikan perlakuan, dilakukan pengambilan data terakhir (post-test). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan instrumen penelitian menggunakan lembar observasi tugas perkembangan anak dalam bentuk checklist. Hasil : Data di analisis dengan menggunakan uji Wilcoxon untuk mengetahui perbedaan signifikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen dan kontrol, dengan hasil diperoleh nilai p value = 0.001 (<0,05). Kesimpulan : Bermain peran efektif terhadap perkembangan sosial pada anak usia prasekolah. Pemberian bermain peran tidak hanya dilakukan oleh tenaga pengajar tetapi dapat dilakukan juga oleh tenaga kesehatan untuk meningkatkan perkembangan sosial anak usia prasekolah.

Kata Kunci : Perkembangan Sosial; Bermain Peran; Usia Prasekolah

Item Type: Article
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Yauri, IndrianiNIDN.0911046702
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 20 Apr 2020 05:16
Last Modified: 16 Oct 2020 01:51
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/1283

Actions (login required)

View Item View Item