ANALISIS KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE SERVQUAL DAN IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS (Studi Kasus pada SMK Katolik St. Fransiskus Xaverius)

Christanti, Benedicta Dyah and Raton, Yulius Christian and Rachmadi, Ronald Albert (2019) ANALISIS KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE SERVQUAL DAN IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS (Studi Kasus pada SMK Katolik St. Fransiskus Xaverius). Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.

[img] PDF
COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (972kB)
[img] PDF
BAB ISI-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Lembaga yang memproduksi jasa pendidikan seperti sekolah khususnya sekolah swasta berlomba menjaring siswa untuk masuk ke institusi pendidikan tersebut. Kondisi dimana semakin banyaknya institusi pendidikan swasta membuat persaingan antar institusi menjadi sangat kompetitif dalam mengelola sebuah sekolah yang bermutu. Saat ini terdapat upaya pengelola institusi pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang dikenal dengan istilah Total Quality Education (TQE). Konsep TQE menekankan pada pencarian secara konsisten terhadap perbaikan yang berkelanjutan untuk mencapai kebutuhan dan kepuasan pelanggan. Penelitian dilakukan pada SMK Katolik St. Fransiskus Xaverius Manado dengan tujuan untuk melihat bagaimana kualitas layanan pendidikan yang selama ini diberikan dan mengetahui kesenjangan antara persepsi dan harapan siswa terhadap kualitas pelayanan di sekolah menggunakan Metode SERVQUAL (Service Quality), dan memberikan usulan perbaikan kualitas pelayanan dengan Metode IPA (Importance Performance Analysis). Hasil dari penelitian ini terdapat 7 atribut yang harus diperbaiki yaitu kebersihan toilet, hasil penilaian ujian dikembalikan kepada siswa, peran guru bimbingan konseling, memberikan perhatian kepada siswa, ketersediaan sarana dan prasarana yang menunjang pada masing-masing jurusan, perilaku dan sikap petugas dalam melayani siswa, dan sekolah harus cepat tanggap terhadap masalah yang timbul.

Kata Kunci: Kualitas Layanan, TQM, SERVQUAL, IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Christanti, Benedicta DyahNIM.15012011
Raton, Yulius ChristianNIDN.0409077102
Rachmadi, Ronald AlbertNIDN.0918127201
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 12 Mar 2020 01:36
Last Modified: 12 Mar 2020 01:36
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/1178

Actions (login required)

View Item View Item