SANUSI, FANIRISNAWATI and Ake, Julianus and Layuk, Samuel (2015) PENGARUH PENGGUNAAN KARTU BPJS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANGAN INTERNA RSUD BITUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.
|
Image
Capture.JPG Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
FILE FANI SANUSI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Badan Penyelenggara Jaminan Sosisal (BPJS) adalah Badan Hukum publik yang bertanggungjawab untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan di Indonesia. Kepesertaan BPJS sendiri terdiri dari BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran) dan peserta Non PBI (Non Penerima Bantuan Iuran). Kepuasan pasien adalah perasaan senang seseorang setelah membandingkan kinerja dengan harapannya. Dalam penelitian ini kepuasan di nilai dari 5 Aspek yaitu tangibility (bukti fisik), reliability (handal), responsivess (tanggap), assurance (jaminan) dan empaty (perhatian). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui “Pengaruh Penggunaan Kartu BPJS Terhadap Kepuasan Pasien di Ruangan Interna RSUD Bitungâ€. Penelitian ini dilakukan di RSUD Btung sejak tanggal 01-15 Juni 2015 dengan menggunakan metode Purposive Sampling sebanyak 70 responden, dengan uji statistik T- Independent. Dari hasil uji statistic diperoleh nilai signifikan kepuasan pasien dari aspek tangibility (bukti fisik) ï²= 0,011 yang artinya ada perbedaan kepuasan dari peserta BPJS PBI dan Non PBI. Sedangkan, kepuasan pasien dari aspek reliability (handal) diperoleh nilai ï²= 0,518 yang artinya tidak ada perbedaan kepuasan pasien dari peserta BPJS PBI dan Non PBI. Kepuasan pasien dari aspek responsivess (tanggap) ï²= 0,39 yang artinya tidak ada perbedaan kepuasan pasien dari peserta BPJS PBI dan Non PBI. Dari aspek assurance (jaminan) diperoleh nilai ï²= 0,003 yang artinya ada perbedaan kepuasan pasien yang signifikan dari peserta BPJS PBI dan Non PBI. Dan dari aspek Empaty (perhatian) didapatkan nilai ï²= 0,002 dapat diartikan ada perbedaan kepuasan pasien dari peserta BPJS PBI dan Non PBI.
Dari hasil penelitian ini diharapkan kepada pihak BPJS untuk terus memperhatikan dan segera memperbaiki setiap kekurangan dan kelemahan pelayanan yang terjadi dilapangan.
Kata Kunci: BPJS, Kepuasan pasien
Kepustakaan: 15 buku, 3 Internet
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing | ||||||||
Divisions: | Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan | ||||||||
Depositing User: | Mr Victor Edwin Ohoiwutun | ||||||||
Date Deposited: | 07 Jun 2018 04:02 | ||||||||
Last Modified: | 27 Jan 2020 00:22 | ||||||||
URI: | http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/109 |
Actions (login required)
View Item |