PENGARUH PENGGUNAAN KARTU BPJS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANGAN INTERNA RSUD BITUNG

SANUSI, FANIRISNAWATI and Ake, Julianus and Layuk, Samuel (2015) PENGARUH PENGGUNAAN KARTU BPJS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANGAN INTERNA RSUD BITUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE.

[img]
Preview
Image
Capture.JPG

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE FANI SANUSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Badan Penyelenggara Jaminan Sosisal (BPJS) adalah Badan Hukum publik yang bertanggungjawab untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan di Indonesia. Kepesertaan BPJS sendiri terdiri dari BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran) dan peserta Non PBI (Non Penerima Bantuan Iuran). Kepuasan pasien adalah perasaan senang seseorang setelah membandingkan kinerja dengan harapannya. Dalam penelitian ini kepuasan di nilai dari 5 Aspek yaitu tangibility (bukti fisik), reliability (handal), responsivess (tanggap), assurance (jaminan) dan empaty (perhatian). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui “Pengaruh Penggunaan Kartu BPJS Terhadap Kepuasan Pasien di Ruangan Interna RSUD Bitung”. Penelitian ini dilakukan di RSUD Btung sejak tanggal 01-15 Juni 2015 dengan menggunakan metode Purposive Sampling sebanyak 70 responden, dengan uji statistik T- Independent. Dari hasil uji statistic diperoleh nilai signifikan kepuasan pasien dari aspek tangibility (bukti fisik) = 0,011 yang artinya ada perbedaan kepuasan dari peserta BPJS PBI dan Non PBI. Sedangkan, kepuasan pasien dari aspek reliability (handal) diperoleh nilai = 0,518 yang artinya tidak ada perbedaan kepuasan pasien dari peserta BPJS PBI dan Non PBI. Kepuasan pasien dari aspek responsivess (tanggap) = 0,39 yang artinya tidak ada perbedaan kepuasan pasien dari peserta BPJS PBI dan Non PBI. Dari aspek assurance (jaminan) diperoleh nilai = 0,003 yang artinya ada perbedaan kepuasan pasien yang signifikan dari peserta BPJS PBI dan Non PBI. Dan dari aspek Empaty (perhatian) didapatkan nilai = 0,002 dapat diartikan ada perbedaan kepuasan pasien dari peserta BPJS PBI dan Non PBI.
Dari hasil penelitian ini diharapkan kepada pihak BPJS untuk terus memperhatikan dan segera memperbaiki setiap kekurangan dan kelemahan pelayanan yang terjadi dilapangan.

Kata Kunci: BPJS, Kepuasan pasien
Kepustakaan: 15 buku, 3 Internet

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SANUSI, FANIRISNAWATINIM.11061061
Ake, JulianusUNSPECIFIED
Layuk, SamuelUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Mr Victor Edwin Ohoiwutun
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:02
Last Modified: 27 Jan 2020 00:22
URI: http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/109

Actions (login required)

View Item View Item