Image of Kepariwisataan Indonesia

Teks Book

Kepariwisataan Indonesia



Timbulnya pergeseran paradigma pembangunan dari growth paradigm, menuju people’s economic paradigm, merupakan pertimbangan yang harus dicermati dalam menghadapi permasalahan Kepariwisataan Nasional. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam pengembangan Kepariwisataan Nasional, adalah kenyataan bahwa mekanisme pasar yang tanpa kontrol dan tanpa kendali dapat memperburuk ekonomi dan ketergantungan yang makin lama, makin mengikat pada kekuatan ekonomi Internasional.

Disamping itu, untuk pengembangan pariwisata Indonesia yang memiliki kekayaan alam, flora, fauna, peninggalan purbakala, peninggalan sejarah, seni dan budaya. Maka pembangunan pariwisata harus dapat mendorong masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan, memupuk rasa cinta tanah air, memperkaya kebudayaan dan menemukan jati diri bangsa. Sedangkan kebijakan pembangunan pariwisata dimaksudkan untuk mewujudkan pembangunan pariwisata yang berkelanjutan, dengan menyelenggarakan aktivitas pada berbagai bidang yang berkaitan dengan kepariwisataan. Konsep pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dimana kini tanpa menghambat kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kebijakan publik terkait dengan pembangunan pariwisata berkelanjutan mengandung prinsip-prinsip (1). Adil dan tidak membeda-bedakan (2) Keadilan dalam penyusunan kebijakan (3) peran serta masyarakat (4) kelenturan sesuai dengan situasi dan kondisi (5) pembangunan yang berpihak kepada kepentingan masyarakat.

Buku ini telah menginformasikan kepariwisataan di beberapa destinasi pariwisata, dan kandungannya dapat dijadikan model pengembangan pariwisata yang belum, maupun yang akan berkembang. Karena model dalam pembangunan pariwisata, akan memberikan manfaat sebagai cermin pendekatan ilmiah untuk tidak menggantungkan diri pada intuisi dan spekulasi.

Penulis menguraikan isi buku ini ke dalam 5 pokok bahasan, yaitu Radio dan Pariwisata Perdesaan, Publikasi Sadar Wisata oleh Media, Komunikasi Pariwisata Guci, Pengembangan Pariwisata Miangas, dan Pariwisata Pangandaran. Uraian yang dibahas oleh penulis akan memunculkan motivasi bagi para pembaca untuk lebih peduli pada daerah-daerah yang memiliki potensi pariwisata yang tinggi namun masih belum dikembangkan dengan optimal.


Availability

LIB00020404910.2/Cha kMain Library PariwisataAvailable - Indonesia
LIB00020405910.2/Cha kMain Library PariwisataAvailable - Indonesia

Detail Information

Series Title
-
Call Number
910.2/Cha k
Publisher Deepublish : YOGYAKARTA.,
Collation
viii ; 264 Hal. ; 16X23cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-209-937-1
Classification
910.2
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. I
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster